August 21, 2014

Taitoh adalah kawasan adat di Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten TTU, Provinsi NTT. Sebelumnya Taitoh lebih dikenal dengan Aof malule (Tanah halus). Kawasan Taitoh memiliki cerita sejarah yang perlu diingat sebagai sebuah kawasan sejarah, yang mana menjadi pusat adat untuk Biboki dan suku-suku lainnya. Di sana terdapat suku Aisaef, Humoen, Ketmoen, Us Taitoh. Atau sering orang menyebut Boik taek, Sana taek, Maffo Taek. Atau sekarang disebut (Bikoki, Insana, Miomaffo). Atau dalam bahasa setempat orang menyebutnya huk le’u, noib leu, artinya dia adalah penyangga adat bagi suku-suku. Sekarang kawasan itu adalah kawasan hutan lindung.
Namun kini, dengan masifnya pertambangan yang dilakukan di Timor. Kawasan yang penuh nilai dan makna sejarah dan ekologis ini akan ditambang oleh sebuah perusahaan Australia (Endefort).
Pada Tanggal 5 Oktober 2012, perusahaan itu memasuki wilayah itu, melewati Sunbai kawasan Adat dari Kanam Usatnesi. Menyikapi itu, kemudian masyarakat setempat meminta agar perusahan tidak melakukan aktifitas pertambangan di kawasan tersebut.
Warga pun tidak tinggal diam. Malah beberapa suku seperti kanam-usatnesi, humoen, ketmoen, ussanak, taitoh terus berdiskusi untuk menyikapi perencanaan pertambangan tersebut. Karena, wacana yang berkembang bahwa tanggal 15 Oktober akan dilakukan aktifitas pertambangan.
Suku-suku yang berkepentingan dengan kawasan adat Taito, kecamatan Biboki Anleu, Kab. TTU, NTT seperti: suku Kanam-Usatnesi, Usanak, Ketmoen, humoen meminta agar perencanaan pertambangan di sana harus dihentikan total.
Mereka telah berdiskusi dan rencananya akan bertemu dengan Kaisar Biboki (Usboko) agar membahas permasalahan ini lebih jauh, terlebih bagaimana menyikapi pertambangan yang akhir-akhir ini marak dilakukan tanpa melihat dampaknya. Padahal kawasan itu adalah kawasan penyangga, karena mengairi hamparan persawahan Ponu-Kaubele, yang selama ini menjadi daerah produksi beras di Kabupaten TTU selain hamparan Lurasik di Biboki Utara, selain itu ada persawahan Maurisu dan Noemuti di wilayah Miomaffo.

Comments

Herry, Aktivis lingkungan di NTT yang sedang dipercayai kawan-kawan Anggota WALHI NTT untuk menggerakan roda Eksekutif Daerah Walhi NTT.

herry

No Comments

Leave a Comment